Leci

Leci

Satu diantara buah – buahan eksotik yang harganya relatif mahal adalah leci. Tak jarang hanya konsumen tertentu yang bisa menikmatinya.

Leci merupakan tanaman subtropis masuk ke dalam famili Sapindaceae atau soapberry. Dikenal dengan beberapa istilah, seperti lichi, litchi, lichee, laichi, leechee, atau lychee. Buah leci memiliki harga jual yang tinggi, baik dalam keadaan segar maupun dalam bentuk olahan.

Hal yang sangat menarik perhatian dari komposisi mineral leci adalah perbandingan antara potasium (K) dan sodium (Na) yang sangat tinggi, yaitu 171:1. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena makanan olahan yang kita konsumsi sehari-hari umumnya mengandung Na tinggi, tetapi sangat rendah K.

Kalium (disebut juga potasium) sangat berperan penting dalam meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi lainnya ke sel-sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan sel tubuh, serta menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Tabulampot Leci

Untuk tabulampot leci, sebaiknya gunakan pot dengan ukuran agak besar.  Sebagai pedoman, bibit dengan tinggi 60 – 75 cm dapat menggunakan diameter 50 – 60 cm. Pot harus diberi ganjalan berupa batu bata atau batako, sehingga pembuangan air penyiraman lancar.

Media tanam dapat digunakan berupa campuran pupuk kandang, pasir, dan sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Yang perlu diketahui, tabulampot sangat sensitif terhadap media tanam yang memadat, yang mengakibatkan daun cepat mengering lalu rontok. Oleh karena itu, disarankan menggunakan media tanam berupa pupuk kandang seluruhnya. Lebih baik lagi jika pupuk kandang tadi diberi insektisida Furadan 3 G sebanyak 100 gram per drum. Ini untuk mencegah serangan hama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *