Menu (Klik Tanda Plus +)
|

Pemupukan Tanaman Buah

Pemupukan Tanaman Buah

Tanaman buah-buahan diambil hasilnya berupa buah yang pada umumnya dikonsumsi langsung tanpa dimasak, oleh karena itu buah harus tumbuh normal dan sehat. Buah yang tumbuhnya tidak normal dapat disebabkan karena tanamannya kekurangan satu atau beberapa jenis zat makanan/unsur hara. Semua tanaman untuk tumbuh mengambil unsur hara dari dalam tanah.

Tanaman buah-buahan setiap kali buahnya dipanen berarti mengangkut sebagian unsur hara dari dalam tanah. Apabila panen dilakukan terus-menerus dan tidak dipupuk, maka persediaan unsur hara dalam tanah semakin lama semakin berkurang atau habis dan akhirnya buah yang produksi semakin berkurang.

Agar tanaman buah-buahan dapat tumbuh subur dan produksinya tinggi, maka perlu dipupuk untuk menambah dan mengganti unsur hara yang hilang karena dipanen.

Pengetahuan tentang pemupukan tanaman buah-buahan tidak hanya diperlukan bagi petani saja, tetapi juga perlu bagi masyarakat luas yang memiliki tanaman buah-buahan baik di kebun, pekarangan, pinggir jalan, depan rumah dan lainnya. Oleh karena itu, untuk menjaga produksi buah-buahan tetap tinggi kita perlu memahami tentang pemupukan dan gejala kekurangan unsur hara pada tanaman buah-buahan.

Pemupukan Tanaman Buah

Memupuk bertujuan untuk mencukupi kebutuhan tanaman akan unsur hara esensial, agar tanaman dapat tumbuh baik secara vegetatif (akar dan batang) maupun generatif (bunga dan buah). Unsur hara esensial artinya apabila salah satu unsur hara tidak terdapat dalam tanah atau tidak mencukupi kebutuhan tanaman maka pertumbuhannya menjadi tidak normal.

Unsur hara  esensial ini terdiri dari unsur hara makro dan unsur hara mikro. Unsur hara makro yaitu unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah banyak, terdiri dari unsur-unsur Nitrogen (N), Fosfor (P), Kalium (K), Kalsium (Ca) dan Magnesium (Mg). Sedangkan unsur hara mikro yaitu unsur hara yang dibutuhkan tanaman hanya dalam jumlah sangat sedikit tetapi harus ada, bahkan dapat bersifat racun bila tersedia dalam jumlah berlebihan. Unsur hara mikro terdiri dari unsur-unsur Besi (Fe), Tembaga (Cu), Boron (B), Mangan (Mn), Belerang (S), dan Zeng (Zn).

 

Leave a Reply