Menu (Klik Tanda Plus +)
|

Tin

Klasifikasi Buah Tin

Buah Tin

Inggris   : Fig

Perancis: Figue

Jerman : Feige

Spanyol: Higo

Italian   : Fico

Austrian: Figu

Portuges: Figo

Klasifikasi Tin :

Kingdom              : Plantae

Divisi                      : Magnoliophyta

Kelas                     : Magnoliopsida

Ordo                      : Rosales

Famili                    : Moraceae

Genus                   : Ficus

Sub Genus          : Ficus

Species                 : F.carica

Tin (Ficus Carica L.) adalah sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan dari Asia Barat. Dalam Bahasa Arab disebut Tin, sedangkan Bahasa Inggris disebut Fig. Tumbuh di daerah Asia Barat mulai dari pantai Balkan hingga Afganistan. Sekarang dibudidayakan pula di Australia, Chili, Argentina dan Amerika Serikat. Di dunia terdapat sekitar 50 varietas buah Tin.

Pohon Tin dapat tumbuh hingga 10 meter dengan batang lunak berwarna abu-abu, daunnya cukup besar dan berlekuk dalam, mempunyai 3 atau 5 cuping. Bunga Tin tidak tampak, karena terlindung oleh dasar bunga yang menutup sehingga dikira buah. Penyerbukan dilakukan oleh sejenis tawon khusus sama seperti serangga yang menyerbuki jenis-jenis ficus lainnya. Yang disebut buah sebetulnya adalah dasar bunga yang membentuk bulatan. Tipe ini khas untuk semua anggota suku Moraceae ( ara-araan ). Buahnya berukuran panjang 3-5 cm berwarna hijau tetapi beberapa kultivar berubah warna menjadi ungu jika masak. Getah yang dikeluarkan dapat mengiritasi kulit.

Pemanfaatan buahTin :

  • Dimakan segar
  • Dikeringkan
  • Diselai.

Buah yang dipetik harus segera dimanfaatkan karena tidak dapat disimpan lama (mudah rusak). Di Bengali, buah Tin diolah menjadi sayuran.

Budidaya

Budidaya pohon Tin :

  1. Ditanam di tempat terbuka
  2. Suka air
  3. Beri pupuk N total 250-500 gram per tahun, dibagi dalam 3-4 kali, terutama jika ditanam dalam pot atau di pasir.

Manfaat Buah Tin

Buah Tin, yang namanya tercantum dalam Al-Qur`an disamping buah zaitun, sesuai hasil penelitian medis terbaru sebagai buah yang bermanfaat untuk mencegah kanker.

Menurut hasil penelitian medis yang disiarkan oleh harian Al-Raya, Qatar, Sabtu (5/1), buah yang besarnya seperti buah kelengkeng itu selain kaya akan kalsium dan potasium juga mengandung zat benzaldehyde yang bermanfaat melawan sel-sel kanker.

Vitamin Buah Tin tak kalah hebatnya dengan apel dan jeruk. Disebutkan penelitian California Figs Nutritional Information, Buah Tin mengandung serat (dietary fiber) yang sangat tinggi. Setiap 100 gr Buah Tin kering terkandung 12,2 g serat sedangkan apel hanya mengandung 2 g dan jeruk 1,9 gr.

Mengkonsumsi Buah Tin secara teratur, menurut para pakar kesehatan dapat membantu membersihkan racun di dalam tubuh, mencegah kanker kolon dan penyakit degeneratif lainnya.
Kandungan lain adalah antioksidan -benzaldehyde- yang dapat mengikat senyawa karsinogen penyebab kanker, Fig juga mengandung asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan bagi kesehatan, di antaranya omega-3 dan omega-6. Buah Fig rendah lemak, rendah sodium, rendah kalori dan bebas kolesterol sehingga sangat cocok dikonsumsi para penderita diabetes mellitus.

Beragam vitamin dan mineral bermanfaat terkandung di dalamnya. Setiap 100 g buah Tin mengandung vitamin A sebanyak 9.76 IU, vitamin C, 0.68 mg, kalsium, 133.0 mg dan zat besi, 3.07 mg. Kandungan nutrisi Buah Tin atau Ara ini bisa mengurangi kolesterol jahat, menguatkan jantung dan menormalkan pernafasan bagi penderita sesak nafas.

 

Leave a Reply