Menu (Klik Tanda Plus +)
|

Mangga Cengkir Indramayu

Mangga Cengkir Indramayu

Mangga yang satu ini memang khas Indramayu, didaerahnya mangga ini dikenal sebagai mangga Cengkir (pelem cengkir) berukuran besar dan memiliki serat buah yang khas. Rasanya manis dan kering, tidak seperti mangga lain yang agak basah, mungkin karena daerah Indramayu yang kering sehingga mangga ini terasa gurih.

Mangga khas ini paling enak adalah yang matang dipohon, sangat terasa kekhasannya, selain itu mangga ini cukup tahan lama dari pembusukan. Bijinya kecil, lonjong pipih dan panjangnya antara 13-14 cm. Panjang buahnya dapat mencapai 15 cm dengan berat rata-rata per buah 450 gr. Produktivitasnya cukup tinggi dapat mencapai 54 kg/pohon.

Tanaman mangga cengkir indramayu termasuk tanaman dataran rendah. Tanaman ini dapat tumbuh dan berkembang baik di daerah dengan ketinggian antara 0-300 m di atas permukaan laut. Meskipun demikian, tanaman ini juga masih dapat tumbuh sampai ketinggian 1.300 m di atas permukaan laut. Daerah dengan curah hujan antara 750-2.250 mm per tahun dan temperatur 24-27° C merupakan tempat tumbuh yang baik untuk tanaman buah ini. Jenis tanah yang disukainya adalah tanah yang gembur, berdrainase baik, ber-pH antara 5,5-6 dan dengan kedalaman air tanah antara 50-150 cm.

Leave a Reply