Menu (Klik Tanda Plus +)
|

Delima Hitam

DELIMA HITAM
(Wulung)

Ada cerita indah dari Tanaman Buah Mekarsari yang berhasil melelang  tanaman buah dalam pot delima hitam seharga Rp 25 juta. Harga jual setinggi itu, menurut Reza, Kepala Divisi Operasional merangkap Ketua Tim Staf Ahli di Taman Buah Mekarsari, selain “membeli” keindahan tanaman delima yang sedang berbuah, juga karena terkait kepercayaan keberuntungan apabila memiliki tanaman buah delima hitam yang sedang berbuah.

Dengan bibit asal cangkokan yang di tanam pada media tanam buatan yang merupakan campuran antara serbuk gergaji dan chicken manure yang difermentasi selama 4 minggu menggunakan STARDEC, tampak pohon delima tumbuh dengan subur sampai suatu saat mulai menampakkan munculnya bakal bunga.

Penyiraman

Penyiraman tanaman delima koleksi dilakukan 1X sehari dan ditingkatkan menjadi 2X sehari saat tanaman berbunga. Peningkatan frekuensi penyiraman diperlukan bukan saja oleh tanaman delima yang sedang berbunga, tetapi juga diperlukan oleh kebanyakan tanaman untuk mencegah kerontokkan bunga.

Koloni semut dapat banyak ditemui disekitar perakaran tabulampot. Masalah koloni semut adalah masalah yang dapat mengganggu di dalam merawat tabulampot, bukan saja karena mengganggu keindahan tetapi semut ini juga kerap beternak kutu putih di tunas-tunas daun muda tabulampot. Tetapi suka atau tidak suka, semut adalah bagian dari keseimbangan ekosistem yang kehadirannya diperlukan untuk membantu proses penyerbukan bunga tabulampot.

Untuk inilah kita harus menaruh perhatian lebih pada serangga kecil yang gemar menjelajahi seluruh ranting dan daun tabulampot. Hal yang dapat dilakukan ketika semut ini mulai beternak kutu putih dan kutu-kutu lainnya adalah mengatasinya dengan semprotan air bertekanan menggunakan selang, dengan cara ini kutu putih akan terbilas dan akan mati kelaparan di dak beton yang panas. Lupakan saja cara mengatasi kutu putih dengan menggunakan sikat dan sabun. Tanpa pengontrolan, semut akan menjadi vektor hama bagi tanaman tetapi dengan pengontrolan  dapat memanfaatkan semut sebagai agen penyerbuk pada tabulampot.

Secara perlahan warna merah pada bunga delima akan berubah menjadi kehitaman pada pangkal bunganya dan bagian yang berwarna hitam akan mulai berisi dan membesar membentuk buah delima hitam.

Leave a Reply