Menu (Klik Tanda Plus +)
open all | close all

Jambu Madu Deli Hijau (MDH)

MDH kependekan dari Madu Deli Hijau. Ada juga yg menyebut Jambu Deli atau Jambu Madu.

Jambu ini banyak dikembangkan di Stabat Sumatera Utara. Jambu yang dijaga sangat ketat oleh pengebun Seorang pengusaha, sampai-sampai untuk masuk dan keluar kebun, karyawan yang bekerja di situ dilakukan pemeriksaan agar entres tidak keluar. Jambu MDH oleh pengusaha tersebut langsung diekspor.

 

🍓 Asal usul Jambu MDH

MDH menurut Bp. Sadikin petani Stabat dan bekerja di perkebunan seorang pengusaha tersebut, sebagaimana diceritakan langsung kepada kami bahwa MDH pertama kali masuk ke Indonesia dibawa oleh seorang ibu yang tinggal di Deli Tua. Dia membawa MDH dari Taiwan. Pengebun/ seorang pengusaha tersebut mendapatkan entres dari Ibu tersebut. Oleh pengusaha tersebut jambu MDH dikebunkan di Stabat sejak 2006 dengan dikelilingi tembok dan dijaga anjing agar tidak semua orang mudah masuk dan tidak terjadi pencurian entres. Jika dari buahnya, kita tidak bisa memperbanyak secara generatif karena jambu ini tidak ada bijinya dan perbanyakan generatif juga memberikan turunan yang belum tentu sama dengan induknya. Agar entres tdk keluar, setiap dilakukan pemangkasan tajuk, sampah bekas potongan tajuk langsung dibakar di kebun tsb dan ini bisa bertahan sampai sktr 6 tahun. Menurut Bp. Sadikin krn sampah bekas potongan tajuk yg semakin lama semakin banyak mk pembakarannya ada yg kurang sempurna, sehingga ada entres yang masih bisa diselamatkan oleh Bp. Sunardi yg diambil dari tempat pembuangan entres yg sdh dibakar. Oleh Bp. Sunardi entres tsb dipelihara dan diperbanyak serta didaftarkan ke dinas terkait shg mendapatkan sertifikat resmi dari pemerintah. Pensertifikatan ini menjadikan Bp. Sunardi sbg penemu Jambu MDH.

 

🍋 Jambu MDH cocok utk usaha sampingan

Jambu MDH yg mempunyai sifat yg terus berbuah tanpa mengenal musim ini sangat cocok utk dikebunkan dan dibuat tabulampot utk pribadi atau utk sampingan usaha sebagai penambah pemasukkan.

Buah jambu MDH mempunyai sifat manis, renyah dan lebih tahan terhadap hama  lalat buah dibandingkan dengan jambu air yang lain. Dan jarang sekali kita jumpai ada larva di dalam buah jambu deli tersebut meskipun telah terkena serangan lalat buah

Utk bibit hasil stek dg harga 35rb bisa dijual menjadi 350rb sd 450rb pada umur 1 tahun setelah dipindah ke pot 60 dan insyaAlloh sdh berbuah pada usia tersebut.

Jk bibitnya bagus, jambu MDH akan berbuah saat usia 8 bulan sejak dipindah ke pot dari polybag. Ada keunikan dari Jambu MDH ini yaitu jk ditanam di tanah langsung pohonnya akan sangat subur perkembangannya tetapi masa vegetatifnya akan berlangsung lebih lama sehingga buahnya akan muncul lbh lama juga.

Ada teman yg menanam bibit dari SJT dan ditanam langsung di tanah sdh 2 tahun belum berbuah tetapi bentuk pohonnya subur dan besar sampai tinggi sktr 4m. Dan jk ditanam langsung di tanah, buahnya tdk semanis jk ditanam pada pot.

 

IMG-20150618-WA0017

Bibit MDH

IMG-20150618-WA0016

 

Pohon Jambu Madu Deli

Pohon Jambu Madu Deli

Pohon Jambu Madu Deli

Pohon Jambu Madu Deli

Ponon Jambu Madu Deli

Ponon Jambu Madu Deli

Jambu Madu Deli (mdh)

Jambu Madu Deli

Jambu Madu Deli

Jambu Madu Deli

Jambu Madu Deli

Jambu Madu Deli

 

Pembahasan selanjutnya adalah terkait dengan Media Tanam untuk jambu madu deli hijau.

 

🍒 Media Tanam

Media tanam yg dipergunakan adalah :

tanah : pupuk kandang : sekam segar = 2 : 1 : 1

 

Tanah yg digunakan sebaliknya tanah yg remah sehingga tidak mudah memadat. Hindari penggunaan tanah liat agar tidak merekah saat terlambat menyiram. Jk terpaksa pakai tanah liat maka perbandingan yg dipakai :

tanah : pupuk kandang : sekam segar = 1 : 1 : 1

Dg perbandingan tanah yg sama dengan sekam segar akan mencegah merekahnya media tanam jk terlambat menyiram.

 

Pupuk Kandang

Pupuk kandang yg baik campuran antara kotoran sapi dan kambing dg perbandingan 1 : 1 dg digiling agar bisa tercampur secara homogen.

 

Sekam Segar

Sekam segar lebih baik daripada sekam bakar dari sisi :

  1. Tidak mudah memadat
  2. Kandungan vitamin B1 tidak rusak karena terbakar. B1 berguna utk mencegah tanaman stress dan membantu pembungaan.

 

🍓 Pemupukan

Pemupukan dilakukan 1 bulan setelah pemindahan bibit polybag ke pot.

Saat pemupukan masa vegetatif menggunakan pupuk organik SAN dan saat masa generatif menggunakan pupuk organik ASBUN.

Pemupukan dilakukan tiap bulan dg kadar secukupnya.

Pupuk tersebut ana pakai dan hasilnya cukup bagus utk pertumbuhan masa vegetatif dan masa generatifnya.

 

Pembahasan terakhir pada BAB JAMBU MDH adalah perawatan agar jambu MDH rajin berbuah sepanjang tahun dan buahnya besar, manis dan tidak rusak diserang lalat buah.

 

🍎 Jambu MDH jk dari stek dan cangkok akan mulai berbunga dan berbuah 8 sd 10 bulan sejak dipindah dari bibit yg di polybag ke pot, planterbag atau polybag ukuran 60/70 dan akan optimal berbuah saat berumur 1.5 tahun ditandai dg buah berada pada batang bukan ujung batang.

 

🍓 Dalam satu dompol buah bisa sampai 20 buah yg dalam satu tangkai buah rata-rata terdiri dari 3 calon buah. Sebaiknya dari 3 calon buah tersebut disisakan 1 buah saja yg berbentuk baik dan bebas dari hama penyakit. Sehingga dalam 1 dompol hanya dipelihara 5 sd 7 buah saja. Tujuan penjarangan ini adalah agar buah besar, manis dan mencegah patahnya ranting dan batang pohon Jambu MDH.

 

🍅 Saat usia 1.5 tahun rata-rata 1 pohon menghasilkan 10 sd 15 kg buah Jambu MDH.

Harga di tingkat petani per kg :

# Stabat     30.000

# Pekanbaru     40.000

# Yogyakarta     30.000 sd 35.000

Harga di tingkat

Supermarket per kg :

# Medan     60.000

# Pekanbaru     60.000 sd 80.000

# Jakarta     60.000 sd 70.000

# Yogyakarta     60.000

 

🍌 Jambu MDH matang saat berumur sktr 2.5 bulan dg ditandai tangkai putiknya mengering. Saat tangkai putik mengering inilah waktu yg paling terbaik utk memanennya.

Satu kg rata-rata berisi 6 sd 7 buah. Utk standar jambu air bisa dieksport minimal 120 gram. Dari segi berat Jambu MDH masuk klasifikasi eksport. Dan kenyataannya memang jambu ini sebagai komoditas eksport andalan petani Stabat.

 

🌽 Pasca panen adalah pasca yg menentukan apakah pohon Jambu MDH akan mau berbuah lagi atau justru malah “ngambek” berbuah lagi. Utk mencegah “ngambek” berbuah lagi, perlu dilakukan langkah-langkah sbb :

  1. Pohon dipupuk lagi dg pupuk kandang atau pupuk organik berupa cairan atau serbuk yg banyak dijual di toko pertanian.
  2. Sebaiknya pupuk kandang atau organik tersebut dicampur dg pupuk NPK dg kadar rendah krn unsur NPK tidak tersedia pada tanah begitu saja. Dan lebih baik lagi ditambah KCl atau KNO3 utk persiapan agar bunga tdk rontok.
  3. Setelah 14 hari diadakan pemupukan tsb maka dilakukan pemangkasan utk merangsang timbulnya calon bunga dan sisa pemangkasan bisa dijadikan sbg entres utk bibit jambu MDH.
  4. InsyaAlloh setelah 1 bulan dari pemangkasan tsb akan tumbuh bunga dan lakukan langkah-langkah di atas lagi.

 

Walloohu a’lam…

8 Responses to “Jambu Madu Deli Hijau (MDH)”

  • aris:

    Selamat Malam,

    Informasinya sangat berguna sekali dan saya sangat tertarik untuk memiliki tanaman tsb.
    Mohon infonya bagaimana caranya saya bisa mendapatkan bibit jambu MDH tsb.

    Terima kasih.

    Salam,
    Aris.

  • pauline sutisna:

    saya mau jambu deli tabulampot yg sdh bisa berbuah

  • arif:

    Brp no kontak yg bisa dihubungi pak?
    Brp hatga bibitny ?
    Arif palembang 081278622213

  • Dear Admin,

    Minjem beberapa fotonya yah buat tulisan di blog saya. Saya yang pernah beli buat di baturraden pake nomer WA 085719895XXX okey.. Terima Kasih

  • bunga
    jambu
    saya
    berguguran
    jatuh
    ketanah
    apaobatnya
    ya
    mohonpenjelasannya

  • Pingin beli bibit jambu madu

  • Informasinya sangat berguna, pohon jmbu madu sya udh berumur 1 tahun namun belum berbunga dan penanamannya langsung di tanah namun permukaannya ditinggikan seperti dalam pot, bagaimana trik supaya jambu madu saya cepat berbuah? trim

    • Admin:

      Secara teori, umumnya ketika tanaman terjadi ancaman/cekaman, maka tanaman tersebut seara alami akan mempersiapkan diri untuk menghadapi hal tersebut.
      Dalam kasus tabulampot (Tanaman Buah Dalam Pot) mengapa lebih cepat berbuah dibanding ketika ditanam di tanah bebas? Karena ketika di pot, akar akan terbatas untuk tumbuh dan bergerak, ketersediaan air pun tidak semelimpah kalau tanaman tersebut ditanam di tanah bebas. Sehingga tanaman dalam pot tersebut terinduksi untuk me-regenerasi dengan cara memunculka bunga.
      Untuk pohon madu deli hijau (MDH), merupakan tanaman jambu air yang genjah (rajin berbuah) manakala dilakukan teknis pemeliharaan, perlakuan, dan perawatan yang benar. Walaupun ditanam di dalam pot, ketika akar sudah menembus dan menghujam ke dalam tanah, itu sama artinya dengan menanam mdh di tanah. Hal ini bisa berefek terhadap pertumbuhan bunga yang tidak kunjung muncul. Beberapa kasus terjadi demikian. Memang dari sisi pertumbuhan pohon bagus, tapi dari sisi terinduksinya bunga menjadi terhambat, sekalipun bisa berbuah, kualitas buahnyapun menurun terutama dari segi rasa.
      Solusinya adalah segera saja dilakuka pemindahan ke tong/ pot/ planterbag, tentunya dengan diberikan media yang berimbang. Dengan cara ini, mudah2an harapan untuk berbunga bisa terwujud. Wallahu a’lam….
      Untuk lebih jelasnya, bisa konsultasi ke 081804039303 (Bp Ikhwan)

Leave a Reply